OTOMOTINET - Konsep kedua setelah Kijang listrik buatan Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik (Telimek), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Bandung adalah mobil konsep listrik hybrid. Konsep yang digunakan ternyata berbeda dengan konsep hybrid pada Toyota Prius.
Pada Prius mesin bakar dan motor listrik bisa bekerja bersama memutar roda saat membutuhkan tenaga ekstra atau bekerja sendiri-sendiri. Mesin bakar bisa memutar roda, motor listrik juga bisa melakukan hal yang sama. Hybrid seperti ini disebut dengan istilah hybrid seri-pararel.
Sedang Hybrid seri menggunakan satu mesin utama sebagai sumber daya penggeraknya. Yaitu mesin berbahan bakar minyak, sedangkan motor listrik hanya membantu memberikan daya saat berakselerasi saja.
Sementara pada sistem Hybrid pararel kebalikannya. Sumber tenaga utama mobil adalah motor listrik saja, mesin bensin hanya berfungsi sebagai pemutar generator pengisi baterai yang jadi penyimpan listrik untuk sumber tenaga penggerak motor elektrik.
Pada Prius mesin bakar dan motor listrik bisa bekerja bersama memutar roda saat membutuhkan tenaga ekstra atau bekerja sendiri-sendiri. Mesin bakar bisa memutar roda, motor listrik juga bisa melakukan hal yang sama. Hybrid seperti ini disebut dengan istilah hybrid seri-pararel.
Sedang Hybrid seri menggunakan satu mesin utama sebagai sumber daya penggeraknya. Yaitu mesin berbahan bakar minyak, sedangkan motor listrik hanya membantu memberikan daya saat berakselerasi saja.
Sementara pada sistem Hybrid pararel kebalikannya. Sumber tenaga utama mobil adalah motor listrik saja, mesin bensin hanya berfungsi sebagai pemutar generator pengisi baterai yang jadi penyimpan listrik untuk sumber tenaga penggerak motor elektrik.
Motor listrik sebagai penggerak utama |
Sedang pada konsep hybrid yang dibuat LIPI, mobil 100 persen bergerak dengan tenaga listrik. Konsep hybrid atau dua mesin yang diwakili oleh mesin bakar hanya digunakan sebagai pembangkit listrik untuk disimpan di baterai dan dipakai menggerakan motor listrik.
"Untuk memperpanjang jarak tempuh, ada mesin bensin yang berfungsi sebagai generator. Jadi tidak perlu melakukan charge di rumah yang memakan waktu cukup lama," ucap Ir Abdul Hapid, Ka Bidang Peralatan Transportasi P2 (TELIMEK), LIPI Bandung. Maka dari itu lebih cocok masuk ke dalam golongan hybrid pararel.
"Untuk memperpanjang jarak tempuh, ada mesin bensin yang berfungsi sebagai generator. Jadi tidak perlu melakukan charge di rumah yang memakan waktu cukup lama," ucap Ir Abdul Hapid, Ka Bidang Peralatan Transportasi P2 (TELIMEK), LIPI Bandung. Maka dari itu lebih cocok masuk ke dalam golongan hybrid pararel.
Genset ada di kolong, sedang baterai diletakan di bawah jok |
0 komentar:
Posting Komentar